logo
Yonarmed 1

Puasa, Prajurit Yonarmed 1 Kostrad Tetap Berlatih

Puasa, Prajurit Yonarmed 1 Kostrad Tetap Berlatih

Pendiv2 – Sesuai dengan Program Kerja Yonarmed 1 Kostrad khususnya bidang latihan pada minggu ke IV bulan Mei 2018 ini, Prajurit Yonarmed 1 Kostrad tetap melaksanakan Latihan LTPT (Latihan Tim Pelaksana Tembakan) Tingkat Seksi Batalyon Armed. Lokasi yang digunakan dalam kegiatan latihan tersebut yaitu di Lapangan Pacuan Kuda Kabupaten Pasuruan. Rabu (30/5).

LTPT (Latihan Tim Pelaksana Tembakan) yaitu suatu latihan teknis kecabangan Armed untuk mensimulasikan penembakan Roket/Meriam, dimana dalam suatu mekanisme penembakan Roket tidak bisa Instant/berdiri sendiri, melainkan ada beberapa unsur dalam mekanisme penembakan tersebut diantaranya unsur Peninjau, Pibak, dan Satbak. Teori tersebut mengadopsi dari taktik Meriam yang menjadi alutsista Yonarmed 1 Kostrad sebelumnya.

Secara Mekanisme penembakan hampir sama dengan LTPT Meriam, hanya yang membedakan saat ini Alutsista Astros terdiri dari bermacam jenis kendaraan dengan memiliki fungsinya masing-masing dalam mendukung penembakan.

Yang paling menonjol adalah fungsi Peninjau yang tidak leluasa untuk memberikan bantuan informasi kedudukan musuh seperti Alutsista Meriam. Hal tersebut dikarenakan Jarak capai Munisi Astros yang sangat jauh serta daya ledak yang sangat luas sehingga tidak memungkinkan peninjau dapat melihat jatuhnya peluru dengan keterbatasan pandangan baik menggunakan teropong maupun pandangan mata telanjang. Namun jika penembakan menggunakan Munisi latihan (SS-09) yang jarak capainya hampir sama dengan Munisi Meriam masih dapat bekerja sesuai fungsinya.

Setelah Satbak melaksanakan penembakan, selanjutnya akan dikoreksi jatuhnya peluru oleh Peninjau, biasanya tembakan ini dilaksanakan oleh 1 pucuk sebagai tembakan pencatatan dan seterusnya hingga mendapatkan hasil tembakan yang tepat sasaran yang kemudian data tembak tersebut akan dijadikan sebagai data tembakan pelaksanaan yang dilaksanakan secara serentak satu Baterai/Batalyon.

Kegiatan ini bertujuan untuk memberikan dan meningkatkan serta memelihara kemampuan pengetahuan dan keterampilan prajurit sesuai kemampuan tugas-tugas dalam jabatannya selain itu juga untuk mengetahui kondisi Alutsista yang ada saat ini.

Letkol Arm Rico Ricardo Sirait B.S.,M.MDS selaku Pimpinan Umum Latihan menyampaikan kepada seluruh prajurit agar hasil latihan yang telah di capai dijadikan pedoman untuk meningkatkan hasil pada kegiatan menembak selanjutnya, jangan cepat puas dengan hasil yang dicapai sekarang ini.”Berlatihlah dengan sungguh-sungguh dalam melaksanakan latihan ini, dengan tetap mengutamakan faktor keamanan”, imbuhnya.

Click untuk meninggalkan Komentar

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Yonarmed 1
@https://twitter.com/Divif2kostrad

Akun Resmi Divisi Infanteri 2 Kostrad, dikelola oleh Penerangan Divif 2 Kostrad untuk memberitakan kegiatan seputar Satuan Jajaran Divisi Infanteri 2 Kostrad.

More in Yonarmed 1

Banner-lapangan-Hitam-KOreksi-Kasdiv

MEDIA ONLINE


Copyright © 2016-2017 Staf Penerangan Divisi Infanteri 2 Kostrad

Social Media Auto Publish Powered By : XYZScripts.com
Close
WEBSITE RESMI DIVISI INFANTERI 2 KOSTRAD
SELAMAT DATANG, DUKUNG KAMI DENGAN LIKE & FOLLOW